AC Milan Juara Piala Super Italia Setelah Kalahkan Juve Lewat Adu Penalti

AC Milan juara Piala super Italia setelah mengalahkan Juventus melalui drama adu penalty yang bermain di Jassim Bin Hamad Stadium pada hari Sabtu (24/12/2016) dinihari tadi WIB.

Pada pertandingan tadi malam Juve tampil lebih dominan sejak menit awal. mereka unggul lebih dulu melalui gol Giorgio Chiellini. Milan kemudian menyamakan skor melalui Giacomo Bonaventura.

Setelah hanya bermain imbang 1-1 hingga 120 menit, laga pun harus ditentukan melalui adu penalti yang berhasil di menangkan Milan dengan skor 4-3. Dengan begitu AC Milan juara Piala super Italia sekaligus menutup tahun 2016 dengan gelar.

Bagi Milan gelar tersebut merupakan gelar Piala Super Italia yang ketujuh mereka berhasil menyamai torehan Juventus.

Jalannya Pertandingan

Sejak menit awal, Juve langsung membeikan tekanan dan tidak memberi Milan kesempatan untuk mengembangkan permainan mereka. Pada menit ke-8 Milan sudah memberikan ancaman dari Mario Mandzukic.

Mendapatkan bola dari kotak penalti, Mandzukic membalikan badan dan melakukan tendangan setengah voli yang berhasil ditepis oleh kiper Milan Gianluigi Donnarumma.

Permainan menyerang Milan tidak bisa berbuat banyak di 20 menit pertama karena pertahanan Juve yang begitu tangguh.

Pada menit ke-18 Juve berhasil unggul melalui bola korner Miralem Pjanic dengan sempurna ditanduk oleh Giorgio Chiellini yang menembus jala Donnarumma.

Namun Milan bergerak cepat, mereka mencoba bangkit. Hasilnya pada menit ke-38, umpan Suso ke depan kotak penalti berhasil ditanduk oleh Giacomo Bonaventura, yang menjaga dua bek Juve, untuk menempatkan arah bola ke tiang jauh sehingga membuat skor menjadi 1-1.

Masuk babak kedua, baik Juve dan Milan sama-sama saling melakukan serangan sehingga membuat laga lebih menarik.

Namun segala upaya dan serangan yang di lakukan kedua tim selalu bisa di gagalkan oleh kedua tim. Tidak ada waktu yang tercipta hingga waktu normal habis dan laga pun harus berlanjut ke babak extra time atau 2×15 menit.

Pada menit ke-93 Milan hampir memimpin ketika serangan yang mereka lakukan dari sisi kiri berhasil membongkar pertahanan Juve. Umpan Suso pun diteruskan oleh sontekan Bonaventura namun Buffon dapat menepisnya.

Pada pertandingan perpanjangan waktu tersebut permainan berjalan dengan tempo lambat sehingga pertandingan pun harus berlanjut ke babak adu penalti. Dengan hasil pertandingan tadi malam AC Milan juara Piala super Italia setelah kalahkan Juve adu penalti

Pada babak adu penlti, Milan behasil menang dengan hasil skor 4-3 setelah penalti Mario Pasalic berhasil mengecoh Buffon. Sebelumnya kiper Milan Donnarumma berhasil menepis penalti dari Dybala.

Satu-satunya eksekutor dari Milan yang gagal mencetak gol adalah Gianluca Lapadula pada kesempatan pertama. Sedangkan dari kubu Juve selain Dybala, penyerang mereka Mario Mandzukic juga gagal mencetak gol dari titik putih.