Bagaimana Jadinya Barcelona Tanpa Lionel Messi

Bintang Barcelona Lionel Messi kali ini harus menepi hingga tiga pekan karena mengalami cedera. Meski Barcelona masih memilki sederet pemain bintang seperti Iniesta, Luis Suarez dan Neymar, namun tetap saja, tidak adanya Lionel Messi di skuat Barca dapat mempengaruhi performa Barcelona.

Sejak musim 2006/07, Lionel Messi hanya absen sebanyak 97 pertandingan di semua kompetisi, sebagian besar Messi absen di sebabkan karena mengalami cedera, sementara jika absen karena rotasi pemain sangat lah kecil begitu juga absen karena membela negaranya sangat minim.

Jika Barcelona memasukan Lionel Messi ke lapangan untuk bermain maka persentase kemenangan rival Real Madrid tersebut mencapai 70%. Sedangkan hasil imbang mencapai 19% dan persentase kekalahan mencapai 11%
Namun apabila Lionel Messi absen atau tidak turun kelapangan membela Barcelona maka persentase kemenangan Barca turun menjadi 66%, sedangkan persentase hasil imbang menjadi 21% sedangkan persentase kekalahan meningkat menjadi 13%

Sementara jika berbicara dengan rata-rata gol, jika Barcelona tanpa Lionel Messi maka rata-rata gol Barca mencapai 2,65 gol per pertandingan, namun jika Barcelona tanpa Lionel Messi maka rata-rata gol Barca menurun mencapai dengan 2,3 gol pada setiap pertandingan.

Namun angka-angka tersebut tidak mempengaruhi performa Barca pada beberapa pertandingan yang dihadapi tekhususnya di Cope del Ray, Barcelona tetap menang besar walupun tanpa Messi, itu di sebabkan karena lawan yang mereka hadapi merupakan tim kecil. Namun berbedah ceritanya jika Barcelona harus berhadapan dengan tim kuat maka performa Barcelona akan sangat berpengaruh jika tanpa Lionel Messi.

Lionel Messi sendiri harus mengalami cedera pangkal paha saat timnya berhadapan dengan Atletico Madrid pada tengah pekan ini. Cedera yang menimpa Lionel Messi tersebut membuatnya harus absen skitar 3 pekan, dengan begitu kemungkinan Barcelona berpotensi tidak akan di perkuat Messi ketika berhadapan dengan Sporting Gijon di La Liga, Borussia Moenchenladbach di Liga Champions, serta Celta Vigo dan Deportivo pada ajang La Liga.

Saat ini Barcelona berada di peringkat 3 kalsemen La Liga dengan perolehan 10 poin atau selisih 3 poin dari pemuncak Klasemen Real Madrid.