FIFA Akan Mengganti Format Piala Dunia Menjadi 48 Tim


Berita bola dunia terbaru mengabarkan jika FIFA akan mengganti format Piala Dunia menjadi 48 tim. Untuk mewujudkan hal tersebut FIFA akan melakukan voting. Rencana penambahan tim peserta Piala Dunia ini digagas oleh presiden FIFA yang baru Gianni Infantino. Gagasan ini mengundang banyak perdebatan hangat di seluruh dunia.

Saat ini, Piala Dunia diselenggarakan 32 peserta, yang terbagi dalam delapan grup, dua tim teratas di setiap grup akan lolos kebabak 16 besar. Format yang di pake saat ini telah bertahan selama 18 tahun atau digunakan sejak Piala Dunia di Prancis 1998, dan format ini akan tetap dipakai pada Piala Dunia Rusia tahun 2018 dan Qatar tahun 2022.

Format Piala Dunia Menjadi 48 Tim

Piala Dunia 2026 akan menggunakan 48 tim hal itu karena Infantino. Sosok orang Italia yang menggantikan Blatter sebagai presiden FIFA sebelumnya, pada pemilihan tahun lalu penambahan peserta Piala Dunia merupakan salah satu janji dalam kampanyenya. Pada awal kampanyenya dia hanya mengusulkan 40 peserta, sebelum akhirnya dia menambah delapan negara lagi.

FIFA diprediksi akan meraup keuntungan sebesar 5.2 milyar euro dari Piala Dunia 2018 yang berlangsung Rusia nanti. Dan dengan penambahan menjadi 48 tim peserta Piala Dunia akan membuat pendapatan naik menjadi 950 juta euro.

Hal itu dilakukan, untuk membuat kompetisi menjadi lebih besar dari yang sebelumnya. Dalam gagasan Infantino 48 tim nanti akan tergabung di babak grup, nantinya akan dibagi menjadi 16 grup yang diisi tiga tim, dua tim teratas di setiap tim masing-masing grup akan melaju ke babak sistem gugur.

Dalam melakukan voting terdapat empat pilihan yang nantinya tersedia untuk para voter.

Berikut pilihan yang akan menjadi opsi dalam voting :

  1. Yang pertama turnamen di ikuti 48 tim diawali babak gugur. Pemenang akan bergabung dengan 16 tim unggulan yang berada di babak utama.
  2. Opsi kedua turnament di ikuti 40 tim dimana sepuluh grup diisi masing-masing empat tim. Setiap juara grup akan melaju ke babak 16 besar atau babak gugur, dan enam runner-up terbaik di setiap grup akan lolos kebabak 16 besar.
  3. Turnamen dengan 40 tim dimana delapan grup akan diisi oleh lima tim. Dua tim teratas teratas akan melaju ke babak selanjutnya.
  4. Mempertahankan format yang ada saat ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *