Gareth Barry di Ambang Rekor Baru Premier League

Gareth Barry di Ambang Rekor Baru Premier League – Momen istimewa akan dijalani Gareth Barry jika bermain saat West Bromwich Albion dijamu Arsenal. Ia akan menorehkan rekor baru di Premier League. Saat ini gelandang berusia 36 tahun tersebut sudah mencatatkan 632 penampilan Premier League. Jumlah itu sudah menyamai rekor Ryan Giggs sebagai penampil terbanyak di ajang tersebut.

Artinya, jika bermain di kandang Arsenal, Selasa (26/9/2017) dini hari WIB, Barry akan mencatatkan penampilan ke-633 di kompetisi liga teratas di Inggris dan menorehkan rekor baru di ajang itu. Sejak debutnya bersama Aston Villa pada 1998, seperti dicatat Sky Sports, mantan pemain timnas Inggris dengan 53 caps itu sendiri sudah mengoleksi 52.871 menit penampilan di Premier League.

Jumlah menit penampilan Barry ini sudah menjadi yang terbanyak di ajang tersebut. David James berada di posisi kedua, diikuti Frank Lampard, Giggs, dan Gary Speed secara berurutan. Barry juga menggungguli James dengan cukup telak dalam urusan jumlah pertandingan jadi starter. Mantan gelandang Manchester City itu memiliki 29 start lebih banyak daripada James yang juga berada di posisi kedua daftar ini.

Barry juga dicatat memuncaki daftar peraih kartu kuning terbanyak, sesuatu yang niscaya takkan terlalu ia banggakan, usai meraih 119 kartu. Lebih banyak 18 dari Wayne Rooney di posisi kedua, dan 20 kartu lebih banyak daripada Lee Bowyer dan Kevin Davies. Dalam kariernya sejauh ini, Manchester United menjadi momok tersendiri untuk Barry. Sudah 23 kali tim yang diperkuat Barry kalah dari MU, lebih banyak dari Liverpool (16 kali), Arsenal (15), Chelsea (14), dan Tottenham Hotspur (14).

Gareth Barry di Ambang Rekor Baru Premier League – Ini adalah sesuatu, ketika saya nanti mengakhiri karier, saya akan duduk santai dan merasa sangat bangga, dan mencoba menyadari semua yang telah saya raih. Ditanya apakah ia pernah mengimpikan ini, Barry menambahkan: Tidak. Ketika Anda membuat debut sebagai pemain muda, Anda hanya fokus pada hal lain, Anda tidak pernah menyasar target seperti ini.

Sepanjang perjalanan ada sejumlah catatan yang diraih, penampilan ke-100 dan seterusnya, bahkan ketika saya telah memainkan laga ke-500, saya mulai memikirkan karier saya akan segera berakhir. Anda mulai berpikir bahwa tidak akan ada banyak laga tersisa, jadi saya merasa sangat bangga untuk terus melaju seperti ini.