Gol Menit ke 109 di Piala Eropa Selamatkan Portugal

Gol Menit ke 109 di Piala Eropa Selamatkan Portugal
Gol Menit ke 109 di Piala Eropa Selamatkan Portugal

Timnas Portugal U-19 ikuti jejak tim seniornya di Piala Eropa. Keduanya berhasil dapatkan gelar juara lewat drama gol terlambat di akhir laga, tepatnya menit ke-109. Gol Menit ke 109 di Piala Eropa Selamatkan Portugal.

Portugal U-19 dapat merebut gelar Piala Eropa 2018 setelah kalahkan Italia melalui drama tujuh gol yang terjadi di OmaSP Stadion, Seinajoki, Finlandia, pada Minggu 29 Juli waktu setempat atau Senin dinihari WIB.

Di sepanjang waktu normal, kedua tim hanya dapat bermain imbang 2-2 dan harus dilanjutkan ke babak tambahan waktu 2×15 menit. Portugal sempat unggul 3-2 di menit ke-104, namun tiga menit berselang mampu disamakan Gianluca Scamacca.

Portugal junior akhirnya sukses pastikan kemenangan lewat gol Pedro Alves Correia di menit ke-109. Ini jadi gelar keempat mereka di sepanjang gelaran Piala Eropa U-19 setelah kali terakhir menjadi juara pada 1999. Gol Menit ke 109 di Piala Eropa Selamatkan Portugal.

Gol Menit ke 109 di Piala Eropa Selamatkan Portugal

Menariknya, gol yang dicetak Correia secara kebetulan sama dengan menit gol penentu timnas Portugal senior di Piala Eropa 2016. Eder yang masuk di menit ke-79, mencetak satu-satunya gol pada menit ke-109 ke gawang Prancis di laga final.

Meski tidak diduga-duga, tapi drama gol di menit ke-109 menjadi angka bersejarah bagi Portugal. Pasalnya, dua timnas di kelompok usia yang berbeda bisa meraih juara Piala Eropa lewat drama gol di menit yang sama.

Berbeda dengan tim U-19 yang sudah empat kali meraih trofi Eropa, keberhasilan Portugal senior menjuarai Piala Eropa 2016 adalah yang kali pertama dalam sejarah.

Portugal menjadi negara ke-10 di Eropa yang berhasil menduduki puncak turnamen empat tahunan tersebut.