Tertinggal Lebih Dulu, Liverpool Kalahkan Stoke City 4-1

Liverpool kalahkan Stoke City 4-1, setelah sempat tertinggal lebih dulu ketika menjamu Stoke City di pekan ke-18 Liga Inggris. Kemenangan ini pun sekaligus mengembalikan Liverpool ke peringkat dua klasemen.

Menjamu Stoke di Stadion Anfield, Rabu (28/12/2016) dinihari tadi WIB, Liverpool lebih dulu kebobolan pada menit ke-12 oleh Jonathan Walters. Gol terjadi karena kesalahan dari pertahanan Liverpool yang tidak bisa mengamankan bola hasil dari sapuan mereka sendiri.

Tertinggal 1-0, Liverpool mencoba menaikkan intensitas serangan. Usaha untuk menyamakan kedudukan pun akhirnya berhasil pada menit ke-34 melalui Adam Lallana. Satu gol lagi dari Roberto Firmino pada akhir babak pertama untuk membuat Liverpool balik memimpin.

Liverpool menjaga momentum pada babak kedua dan sukses menambah gol lago, setelah Giannelli Imbula melakukan gol bunuh diri pada menit ke-59. kemudian Daniel Sturridge menambah gol sehingga Liverpool kalahkan Stoke City dengan skor 1-4.

Tiga poin ini membuat Liverpool berhasil kembali ke posisi dua klasemen dengan memperoleh nilai 40 dari 18 laga. Namun Liverpool masih tertinggal enam poin di belakang Chelsea yang menempati posisi teratas. Sementara Stoke tertahan di urtan ke-12 dengan 21 poin.

Jalannya Pertandingan

Liverpool lebih dulu memberikan ancaman pada menit keenam. Jordan Henderson melepaskan tendangan dari luar kotak penalty, namun sayang tendangan pemain timnas Inggris tersebut melambung sedikit di atas mistar gawang.

Asik menyerang Liverpool justru kebobolan lebih dulu pada menit ke-12. Berawal dari sundulan Peter Crouch yang berhasil diblok, namun bola yang bisa di amankan tersebut berhasil dikuasai oleh Erik Pieters dari sisi kiri. Pieters pun kemudian memberikan umpan silang yang berhasil ditanduk oleh Jonathan Walters yang langsung membobol bola kedalam gawang.

Liverpool mendapatkan kesempatan emas untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-24 yang masih belum membuahkan hasil. Firmino yang menusuk dari sisi kanan dan berhasil mengarahkan tendangan mendatar yang mengarah ke gawang. Bola sebenarnya berhasil melewati kiper Stoke, namun masih bisa disapu oleh Crouch yang tepat ada di depan garis gawang.

Gol yang di tunggu-tunggu pun akhirnya tercipta pada menit ke-35. Sadio Mane yang mendapatkan umpan terobosan dari sisi kanan, mencoba meneruskan bola ke Adam Lallana yang masuk ke kotak penalti.

Bola sebelumnya sempat lepas dari Lallana, namun kemudian kembali lagi karena hanya membentur Glen Johnson. Dari sudut yang sempit dia berhasil menaklukkan Grant dengan tendangan mendatar.

Liverpool Kalahkan Stoke City 4-1

Menjelang pertandingan babak pertama berakhir Liverpool berbalik unggul tepatnya pada menit ke-44. Menerima umpan dari James Milner dari sisi kiri di kotak penalti, Firmino langsung melakukan tendangan mendatar yang sebelumnya sempat mengenai tiang gawang dan memantul melewati garis gawang untuk merubah kedudukan menjadi 2-1.

pada menit ke-59, Liverpool kembali memperlebar keunggulan. Setelah menekan dari sisi kiri, umpan silang dari Divock Origi mengarah ke arah Mane di depan gawang. Bek Stoke Gianni Imbula yang mencoba memotong umpan justru memasukan bola ke gawangnya sendiri.

Baru beberapa detik masuk, Daniel Sturridge berhasil memperbesar keunggulan tim tuan rumah pada menit ke-70. Ryan Shawcross membuat kesalahan ketika operannya ke belakang justru mengarah Sturridge yang kemudian dengan mudah melewati kiper Grant dan memasukan bola ke dalam gawang.

Taka da lagi gol yang tercipta, hasil pertandingan Liga Inggris tadi malam Liverpool kalahkan Stoke City dengan skor 4-1.