Perkasanya Liverpool Melawan Tim Kuat Liga Inggris

Perkasanya Liverpool Melawan Tim Kuat Liga InggrisLiverpool seharusnya sudah menjadi juara Liga Inggris bersama Jurgen Klopp. Rujukannya adalah rekor impresif The Reds melawan rival papan atas. Sayang, Liga Inggris adalah maraton, bukan sprint. Kenyataannya, Liverpool kerap terpeleset melawan tim lain sehingga dahaga titel liga klub sejak 1990 berlanjut.

Sejak Klopp tiba di Anfield pada Oktober 2015, rapor Liverpool versus klub kuat memang impresif. Dimulai dari mengimbangi Tottenham Hotspur 0-0 pada laga debut, The Reds tercatat hanya menderita satu kekalahan pada 19 pertemuan kontra anggota big six. Klub Merseyside itu merebut sembilan kemenangan pada periode itu. Teranyar mereka melakukannya saat menghajar Arsenal empat gol tanpa balas sebelum jeda internasional, dua pekan lalu.

Korban favorit Liverpool lainnya adalah Manchester City, tim yang akan mereka hadapi di Etihad Stadium, Sabtu (9/9/2017). Bersama Klopp, Liverpool tercatat meraih tiga hasil positif dari empat pertemuan. Superioritas Liverpool atas big six juga terlihat dari catatan produktivitas. Sky Sports mencatat mereka menorehkan gol terbanyak (35) dan kemasukan paling sedikit (17).

Perkasanya Liverpool Melawan Tim Kuat Liga Inggris – Meski memiliki catatan impresif tersebut, Liverpool hanya menempati peringkat delapan Liga Inggris 2015/2016. Kinerja mereka membaik dengan menempati posisi empat musim 2016/2017. Namun, peningkatan itu tidak berarti banyak karena gelar yang diidamkan masih gagal diraih.

Semua karena buruknya rekor Liverpool melawan tim kecil begitu mengecewakan. Pada 2015/2016, mereka sempat dikalahkan Crystal Palace, Watford, West Ham United, dan Swansea City. The Reds juga ditahan West Bromwich Albion, Sunderland, dan Newcastle United pada laga kandang.

Di 2016/2017, hal serupa terulang. Mereka dipermalukan Burnley, Bournemouth, Swansea City, Hull City, dan Palace. Ditambah kegagalan menumbangkan West Ham dan Sunderland, Liverpool menyaksikan posisi puncak klasemen yang sempat mereka kuasai pada pekan 11 dan 12 menguap.