Pickford tampil mengesankan, Inggris Tenang Gawang Aman

Pickford tampil mengesankan, Inggris Tenang Gawang Aman

Pickford tampil mengesankan, Inggris Tenang Gawang Aman – Timnas Inggris lolos ke semifinal Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Swedia 2-0 di Samara Arena. Inggris menang karena gol Harry Maguire pada menit ke-30 dan Dele Alli pada menit ke-59.

Meski dua pemain itu yang mendapat sorotan utama sebagai pencetak gol timnas Inggris, Pickford tampaknya layak menjadi Man of The Match di laga tersebut. Ia mampu memberikan rasa aman di gawang Inggris.

Inggris mciptakan dua gol melalui sundulan melewati pertahanan Swedia dengan rata-rata bek yang memiliki postur tinggi. Gol pertama Inggris tercipta dari tendangan bola mati. Gol pertama Maguire melalui sundulan sambut umpan corner Ashley Young.

Kemudian, Inggris kembali koyak gawang Swedia dari umpan silang, Sepakan lambung Jesse Lingard. Alli yang berlari dari belakang para bek Swedia tanpa kawalan ada lawalan mampu mengoyak gawang Robin Olsen.

Gol-gol tersebut memang pecahkan kebuntuan Inggris menembus rapatnya pertahanan Swedia. Namun, semua aksi penyelamatan yang hebat kiper Inggris Jordan Pickford, juga memberi hiburan tersendiri di tengah pertandingan yang cukup monoton.

Kelincahan kedua tangan kiper Everton tersebut bahkan bisa dibilang lebih mencuri perhatian ketimbang aksi Maguire dan Alli mencetak gol. Karenanya, Pickford tercatat melakukan tiga penyelamatan spektakuler. Tanpa aksi terbaiknya itu, Inggris sudah kebobolan tiga gol dan bisa saja kalah 2-3 dari Swedia.

Pickford tampil mengesankan, Inggris Tenang Gawang Aman

Penyelamatan cantik pertama dilakukan Pickford pada menit ke-47. Pickford menggunakan tangan kirinya menepis tandukan keras Marcus Berg menyambut umpan silang Ludwig Augustinsson. Saat itu sulit bagi Swedia untuk menyamakan skor setelah tertinggal 0-1 melalui gol Maguire.

Pickford kembali tampil cemerlang pada menit ke-61 menepis bola tendangan Viktor Claesson dengan tangan kanannya. Serangan ini berawal dari Claesson yang berlari di sayap kanan dan melakukan umpan satu-dua dan kemudian menerobos ke kotak penalti.

Tanpa terkawal, Claesson berhasil menembak tapi dihentikan oleh penjaga gawang 24 tahun tersebut, Pickford tampil mengesankan, Inggris Tenang Gawang Aman.

Tangan kiri Pickford lagi-lagi menyelamatkan Inggris dari kebobolan pada menit ke-72. Berawal dari tendangan lambung kiper Olsen, Marcus Berg berhasil terobos ke kotak penalti Inggris dan pada posisi membelakangi gawang mendapatkan bola dari Guidetti.

Berg kemudian berbalik dan menendang keras sembari menjatuhkan badan. Bola terlihat akan mengoyak atap gawang Inggris, tapi kemudian Pickford dengan tangan kaki kirinya menggagalkan peluang emas pasukan Swedia.

Pickford sebelumnya juga ikut berperan menentukan Inggris ke perempat final usai menang adu penalti atas Kolombia.

Dalam drama adu penalti, ia sukses tepis tendangan Carlos Bacca menggunakan tangan kirinya. Pickford juga yang mampu menggagalkan peluang emas Kolombia di pengujung babak tambahan waktu. Ia sukses menepis tendangan Mateus Uribe.

Kehadiran Pickford seolah menegaskan, Inggris kini punya kiper yang sangat hebat untuk diandalkan di bawah mistar gawang.

Setelah era David Seaman, Inggris memang kerap mengalami krisis di gawang karena tak memiliki kiper yang benar-benar tangguh. Keberadaan Pickford pun seperti menyudahi masa-masa krisis penjaga gawang Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *