Luis Suarez

Luis Suarez

Squad No.
Birthday 24-01-1987
Age 30
Height
Season
Team
Position None
Birthplace
Previous Clubs None
RAT
0.00

Luis Suarez, bernama lengkap Luis Alberto Suarez Diaz adalah pesepakbola yang menduduki posisi penyerang bersama klub FC Barcelona. Pria yang lahir pada 24 Januari 1987 ini juga menjadi anggota tim nasional di Uruguay.
Suarez lalu pindah ke Belanda pada tahun 2006 dan bermain untuk Groningen di Eredivisie. Pada tahun 2007, pesepakbola Luis Suarez ditransfer ke Ajax dan ia menjadi Ajax Player of the Year tepat pada tahun 2008-2009. Tak berhenti sampai disitu, pesepakbola Luis Suarez kemudian menjabat sebagai kapten klub dan menjadi top skorer liga dengan membawa 35 gol dari 33 pertandingan serta menjuarai Dutch Footballer of the Year.
Pesepakbola Luis Suarez ini berhasil mencetak gol dalam seluruh kompetisi dan bersama Ajax pula memenangkan Piala KNVB. Bersama sejumlah pemain lainnya, pesepakbola Luis Suarez berhasil mencetak gol sekaligus genap melengkapi gol keseratusnya bagi Ajax. Kiprahnya berlanjut dimana pesepakbola Luis Suarez ditransfer ke Liverpool dan ia membantu klubnya berpindah dari peringkat 12 di liga pada pertengahan Januari menuju peringkat ke-6 tepat diakhir musim.
Suarez memenangkan trofi pertamanya bersama Liverpool pada Februari 2012. Sedangkan pada 22 Maret 2014, pesepakbola Luis Suarez mencetak hat-trick ke-6 di Liga Primer untuk klubnya. Hal ini membuatnya menjadi pencetak gol paling banyak dalam sejarah Liga Primer.
Mewakili timnya, pesepakbola Luis Suarez pada Piala Dunia 2007 U-20. Disana ia memainkan peran pentingnya saat Uruguay menembus peringkat ke-4 lalu mencetak 3 gol sekaligus termasuk saat ia diskorsing karena ekstra time menyundul bola menggunakan tangannya di perempat final bertanding dengan Ghana.
Suarez juga mencetak 4 gol sekaligus untuk Uruguay dan tim mereka menjuarai rekor ke-15 Copa America pada Copa Amerika tahun 2011. Dari sejarah ini, pesepakbola Luis Suarez ini dijuluki sebagai pemain terbaik turnamen.
Tepat tanggal 23 Juni 2013, Suarez mengantongi posisi sebagai pemain Uruguay sepanjang masa dengan prestasinya sebagai pencetak gol sebanyak 35 gol. Kemudian Suarez masuk dalam peringkat yang dirilis The Guardian sebagai pemain sepak bola terbaik di dunia urutan ke-9 pada Desember 2013.
Kiprahnya berlanjut sampai Suarez menandatangai kontrak 5 ½ tahun hingga tahun 2016 dan penandatanganannya dengan Liverpool itu dinilai sebagai kontrak termahal. Suarez merupakan salah satu pemain Liverpool terbaik selama musim parsialnya. Ia membantu Liverpool meninggalkan klasmen ke-12 liga di pertengahan Januari guna menembus peringkat ke-6. Empat gol di 13 pertandingan telah diselesaikannya di musim 2010-2011.
Usai memenangkan gelar pemain terbaik turnamen di Copa Amerika 2011, ia mempunyai musim bermain pada 2011-2012 yang mengecewakan standarnya. 11 gol di liga ditembus Liverpool si posisi ke-8. Suarez berhasil mencatat gol pertamanya di hat trick di Carrow Road melawan Norwich City dan memenangkan trofinya yang pertama dengan Liverpool di Piala Laga. Ia berhasil menembus urutan ke-6 untuk FIFA Ballon d’Or 2011.
Sayang sekali, musim itu diwarnai insiden dimana FA menyatakannya bersalah atas kasus rasisme yang menyalahgunakan Patrice Evra selama kompetisi dengan MU di bulan Oktober. Suarez dikenai 8 skorsing dan denda sebesar £ 40.000 di pertemuan mereka yang berikutnya yaitu di bulan Februari.
Meski dalam even jabat tangan ia menghindari menjabat tangan Evra, namun pesepakbola Luis Suarez dan seluruh pemain lainnya dipaksa untuk meminta maaf sebagai bentuk aksi damai.