Setelah AFF 2016 PSSI fokus SEA Games 2017

PSSI fokus SEA Games 2017 setelah di ajang AFF Suzuki Cup 2016, kini PSSI akan langsung melakukan persiapan untuk fokus tim nasional Indonesia di ajang SEA Games 2017. Termasuk juga dalam menentukan pelatih.

Timnas Indonesia sebelunya harus gagal menjuarai AFF Suzuki Cup 2016 setelah mereka kalah 0-2 dari Thailand pada laga ke-2 di final di Stadion Rajamangala pada hari Sabtu (17/12) lalu. Hasil tersebut membuat Thailand menjadi kampiun dengan meraih keunggulan agregat 3-2.

Kegagalan Indonesia itu juga memperpanjang puasa gelar untuk timnas Indonesia pada ajang tersebut. Ketika mengikuti turnamen yang sebelumnya dikenal dengan ajang Piala Tiger itu. Skuat Indonesia sama sekali belum pernah sekalipun meraih gelar juara walaupun sebenarnya mereka bisa masuk di final sebanyak lima kali.

PSSI fokus SEA Games 2017

Ketum PSSI Edy Rahmayadi mengaskan akan segera melakukan evaluasi pekan depan, hal ini juga terkait dengan mereka selanjutnya pada SEA Games 2017. Dengan melakukan persiapan yang lebih panjang, timnas Indonesia kini diharapkan bisa kembali berprestasi pada ajang tersebut.

“Kami hanya mempunyai waktu sekitar delapan bulan untuk nantinya mempersiapkan timnas pada ajang SEA Games tahun depan. Setelah itu kami juga akan siapkan timnas sampai ke Asian Games 2018,” ungkap Edy.

Berita bola terbaru Indonesia langkah awal PSSI fokus SEA Games 2017 adalah, Edy akan menentukan pelatih timnas untuk mempersiapkan SEA Games 2017, sekaligus ia juga akan mencari pemain-pemain berpotensi. Rencananya, PSSI juga dikabarkan akan menggelar rapat untuk seluruh jajarannya.

Terkait masa depan manajer timnas saat ini Alfred Riedl yang masih melatih di timnas senior, Edy mengaku dirinya akan memutuskan setelah nanti PSSI melakukan evaluasi. Pelatih yang berasal dari Austria tersebut memang saat ini terikat kontrak dengan PSSI hingga Desember.

“Riedl punya ikatan persaudaraan yang cukup kuat dengan tim AFF. Untuk masa depannya akan bisa diketahui setelah evaluasi,” kata Edy.

Untuk cabang olahraga sepakbola di ajang SEA Games hanya boleh diikuti pemain-pemain U-23 di periode 2001 hingga 2015. Namun mulai 2017 nanti, turnamen teresbut nantinya akan menjadi ajang untuk pemain U-22.