Serba-Serbi Peserta EURO 2016: PRANCIS

Prancis yang akan menjadi tuan rumah Euro 2016 berusaha mewujudkan mimpi mereka berjaya di rumah sendiri seperti yang mereka lakukan pada 32 tahun silam. Bisakah Prancis mewujudkan asa juara mereka? Mari kita bahas.
Prancis kembali menjadi tuan rumah dalam perhelatan akbar pesta sepakbola se-Benua Biru, Euro 2016. Merujuk pada kesuksesan di tahun 1984 kala menjadi tuan rumah, terbuka pula kans untuk mengikuti pencapaian yang sama di tahun ini.

Pada Piala Eropa 1984, Prancis yang diperkuat Michel Platini berhasil menyudahi turnamen dengan mengangkat trofi juara. Di final, Prancis menundukkan Spanyol dengan skor 2-0.

Kesuksesan yang sama kembali diraih pada kejuaraan Eropa 2000 di Belgia dan Belanda, 16 tahun setelah kesuksesan sebelumnya. Melawan Italia, Prancis sukses meraih trofi juara dengan kemenangan 2-1 melalui golden goal David Trezeguet.

Kini, 16 tahun setelah memenangi trofi juara di Belanda dan Belgia, Prancis mendapatkan kesempatan lagi untuk juara. Kans semakin terbuka dengan turnamen digelar di kampung halaman sendiri. Bisakah Prancis menjawab ekspektasi publik?

Serba-Serbi Peserta EURO 2016: PRANCIS

Daftar Pemain Prancis

Kiper
Benoît Costil (Rennes), Hugo Lloris (Tottenham Hotspur), Steve Mandanda (Marseille)

Bek
Lucas Digne (Roma), Patrice Evra (Juventus), Christophe Jallet (Lyon), Laurent Koscielny (Arsenal), Eliaquim Mangala (Manchester City), Samuel Umtiti (Lyon), Bacary Sagna (Manchester City), Adil Rami (Sevilla)

Gelandang
Yohan Cabaye (Crystal Palace), Lassana Diarra (Marseille), N’Golo Kante (Leicester City), Blaise Matuidi (PSG), Paul Pogba (Juventus), Moussa Sissoko (Newcastle United)

Penyerang
Kingsley Coman (Bayern München), Andre-Pierre Gignac (Tigres), Olivier Giroud (Arsenal), Antoine Griezmann (Atlético Madrid), Anthony Martial (Manchester United), Dimitri Payet (West Ham United)

Merujuk pada sejumlah laga uji coba terakhir, pelatih Didier Deschamps terbukti lebih mengandalkan pemain yang berkompetisi di luar Prancis. Untuk posisi kiper misalnya, penjaga gawang Hugo Lloris masih menjadi andalan di bawah mistar gawang.

Sementara di sektor pemain belakang, dengan empat pemain berada di depan Lloris, Laurent Koscielny dan Eliaquim Mangala akan dijadikan andalan di posisi bek tengah, dengan Christophe Jallet dan Lucas Digne mengapit dari sektor sayap.
Paul Pogba, N’Golo kante dan Blaise Matuidi dipercaya sebagai gelandang untuk menyeimbangkan lini depan dan belakang, sementara Antoine Griezmann dan Dimitri Payet fokus membantu Olivier Giroud di sektor depan.

jadwal pertandingan grup

jadwal pertandingan grup

Laga pertama akan sangat menentukan bagi Prancis. Jika bisa melalui hadangan Rumania dan meraih tiga angka penuh, laga melawan Albania di markas PSG sudah bisa membawa mereka melangkah ke babak berikutnya.

Namun bukan berarti Albania tidak berpotensi membawa kejutan. Jika pun hasil yang muncul di luar dugaan, Prancis bisa menjalani partai hidup mati nan menentukan melawan Swiss di kandang Lille OSC.