Tendangan Bebas Alonso Jadi Pembeda

Tendangan Bebas Alonso Jadi Pembeda – Chelsea menjamu Southampton di Stamford Bridge pada matchweek 18 Premier League 2017/18, Sabtu (16/12/2017). Chelsea menang 1-0 dan mengamankan posisi di tiga besar. Gol tunggal Chelsea dicetak oleh Marcos Alonso dengan eksekusi tendangan bebas brilian di penghujung babak pertama.

Chelsea pun sekarang memiliki 38 poin, sama dengan Manchester United yang masih akan bermain melawan West Brom. Antonio Conte memasang Gary Cahill di jantung pertahanan. Antonio Rudiger mengawali laga dari bangku cadangan, begitu pula Alvaro Morata. Eden Hazard memimpin lini serang, didukung Pedro dan Willian.

Tendangan Bebas Alonso Jadi Pembeda – Sementara itu, Mauricio Pellegrino melakukan setidaknya enam perubahan dari tim yang dihajar Leicester 1-4 pada laga sebelumnya. Jack Stephens, Wesley Hoedt, James Ward-Prowse, Pierre-Emile Hojbjerg, Nathan Redmond dan Manolo Gabbiadini kali ini dipasang sebagai starter.

Chelsea sedikit lebih dominan dalam hal penguasaan bola di babak pertama dengan 55% berbanding 45%. Chelsea juga lebih unggul jumlah tembakan 9 berbanding 2 selama 45 menit awal. Namun, dari empat shots on target Chelsea (Southampton 0), hanya satu yang bersarang di gawang Fraser Forster. Tembakan-tembakan jarak jauh Cahill dan N’Golo Kante bisa dimentahkan, sedangkan percobaan Alonso dari dalam kotak penalti juga masih terbaca. Chelsea baru mendapatkan gol pembuka di injury time babak pertama lewat tendangan bebas Alonso yang salah diantisipasi oleh Forster.

Chelsea memburu gol tambahan di babak kedua, tapi tak kunjung mendapatkannya. Conte pun mengganti Pedro dengan Cesc Fabregas di menit 68. Dampaknya langsung terasa. Sebuah one-two dengan Fabregas diakhiri tembakan Hazard yang bersarang di gawang, tapi wasit menganulirnya karena Fabregas sudah terlebih dahulu offside. Conte kemudian mengganti Hazard dengan Morata. Chelsea nyaris saja menggandakan keunggulan di menit 78, tapi bola sontekan Fabregas dari sudut yang sangat sempit cuma bergulir di depan garis gawang.

Hingga menit-menit akhir, Southampton terus berusaha membalas. Namun Chelsea sudah terlanjur memegang kendali permainan. Semua upaya tim tamu bisa dipatahkan Chelsea, sembari berusaha merancang peluang untuk mengakhiri perlawanan mereka. Kesempatan terakhir Chelsea lewat Fabregas yang tak terkawal di dalam kotak penalti saat injury time pun masih dapat dihentikan oleh Forster. Pada akhirnya, gol Alonso di penghujung babak pertama lah yang menjadi pembeda.