West Ham Berhasil Mengalahkan Chelsea

Berhasil Mengalahkan Chelsea – Chelsea menghadapi tuan rumah West Ham di pekan ke-16 Premier League 2017/18, Sabtu (09/12/2017). Chelsea dibuat frustrasi dan dipaksa pulang tanpa poin setelah kalah 0-1. Gol tunggal West Ham dicetak oleh Marko Arnautovic pada menit 6. Hasil ini membuat Chelsea tak beranjak dari peringkat tiga klasemen dengan 32 poin. Namun perolehan poin Chelsea terancam disamai oleh Liverpool (29) yang masih akan melawan Everton. West Ham meraih kemenangan pertama dalam sembilan laga Premier League, tapi masih terdampar di papan bawah.

Berikutnya, tengah pekan ini, West Ham akan menjamu Arsenal. Sementara itu, Chelsea akan bertandang ke markas Huddersfield. West Ham mengawali laga dengan status underdog meski main di rumah sendiri. Pasalnya, tim besutan David Moyes ini tanpa kemenangan dalam delapan laga terakhirnya di semua kompetisi. Chelsea sebaliknya. Pasukan Antonio Conte tak terkalahkan dalam tujuh partai terakhir mereka di semua kompetisi.

Namun West Ham lah yang mencetak gol pembuka, bahkan ketika laga belum genap tujuh menit. Diawali kerja sama apik dengan Manuel Lanzini untuk membongkar lini belakang Chelsea, Arnautovic menyelesaikannya dengan tendangan kaki kiri dari dalam kotak penalti yang tak bisa dijangkau oleh Thibaut Courtois. Forward 28 tahun Austria itu pun menjadi pemain ke-140 yang mencetak gol untuk West Ham di Premier League. Ya, itu adalah gol perdananya untuk West Ham sejak direkrut dari Stoke City dengan nilai transfer £20 juta (rekor klub) pada musim panas kemarin.

Berhasil Mengalahkan Chelsea – West Ham Berhasil Mengalahkan Chelsea – Setelah kebobolan, Chelsea berusaha keras untuk mencetak gol balasan. Namun tembakan-tembakan Chelsea lewat Alvaro Morata, Eden Hazard, Tiemoue Bakayoko, Davide Zappacosta, Marcos Alonso hingga N’Golo Kante tak terkonversi dengan optimal. Bahkan hanya Zappacosta dan Kante yang tembakannya tepat mengarah ke mulut gawang.

Adrian, yang di laga ini lebih dipercaya untuk mengawal gawang West Ham daripada Joe Hart, menetralisir dua shots on target Chelsea tersebut. Hingga turun minum, West Ham tetap unggul 1-0. Babak kedua, Conte mengubah skema serangannya. Bakayoko ditarik dan digantikan oleh Pedro. Setelah itu, Victor Moses masuk menggantikan Alonso. Hingga menit 60-an kedudukan tak juga berubah, dan Conte pun langsung melakukan pergantian pemain ketiga. Willian masuk untuk Zappacosta.

Serangan Chelsea semakin gencar. Winston Reid dan Aaron Cresswell saja sampai berturut-turut diganjar kartu kuning oleh wasit karena coba menghentikan Morata serta Willian. Moyes lantas mengganti Arnautovic dengan Diafra Sakho yang lebih bugar. Di 15 menit akhir, West Ham lebih fokus bertahan untuk menjaga keunggulan mereka.

Chelsea tambah kesulitan. Namun Chelsea tetap bisa mendapatkan peluang. Morata lepas dari jebakan offside, tapi tembakannya dari dalam kotak penalti masih menyamping. Tak lama berselang, ganti Hazard yang tembakannya melambung tinggi. Conte nyaris tak percaya melihatnya. Di menit-menit akhir, Chelsea dibuat semakin frustrasi karena West Ham memanfaatkan setiap kesempatan untuk mengulur waktu. Lima menit added time, Chelsea mengurung West Ham di wilayahnya sendiri, tapi tak sanggup mengubah kedudukan.